Bukan Pakar SEO Ganteng

Cara Mudah Dan Simpel Menghemat Baterai Pada Tablet Android


Caradantips.com - Cara mudah dan simpel menghemat baterai tablet android. Mengapa harus android? Pasti anda juga tau jawabannya bukan? Yang namanya android tentunya sudah tidak diragukan lagi. Apalagi sekarang, sangat banyak vendor-vendor gadget yang menggunakan jasa android untuk menciptakan gadget-gadget yang mempunyai spesifikasi tinggi. Seperti yang kita ketahui, seiring perkembangan jaman, tidak hanya ponsel yang semakin canggih tampilan serta desainnya. Tentunya, sekarang sudah hadir gadget berupa tablet. Tablet mempunyai fungsi layaknya sebuah komputer, namun tablet ini juga mempunyai kelebihan yang unik. Apakah anda tau apa kelebihannya yang unik?? Iya, kelebihannya yang unik adalah Tablet PC bisa dibawa kemana pun kita pergi. Dengan ukurannya yang simpel, tipis serta kecil tentunya memudahkan kita untuk membawa tablet kemanapun kita pergi. Pastinya berbeda dengan komputer ataupun Laptop bukan? Yang mempunyai ukuran lebih besar daripada Tablet.


Tidak hanya ponsel yang ditanamkan OS Android, kini tablet pun sangat banyak yang dilengkapi dengan android baik android versi terbaru ataupun yang lama. Kita tau bahwa android merupakan sebuah sistem operasi yang sangat canggih, tetapi dibalik kecanggihannya itu, ada juga kekurangannya. Dengan kecanggihan sistem operasinya, pasti banyak yang tidak sadar bukan? Mengapa baterainya boros alias cepat terkuras. Inilah sebabnya mengapa kita membahas tentang cara menghemat baterai android khususnya tablet. Setelah kita meninjau, yang membuat baterai android cepat terkuras bukanlah dari kecanggihan sistem operasinya, namun bisa disimpulkan bahwa pemborosan dari baterai android adalah dari penggunaannya. Tentunya ada kaitannya juga dari kecanggihan serta penggunaannya. Namanya juga sistem operasi yang canggih, pastinya kita sering mempergunakannya secara tidak sadar akan apa yang ditimbulkan. Untuk itu, kita akan melihat beberapa tips untuk menghemat baterai dari tablet android yang bisa kita petik kesimpulannya untuk kita terapkan di android kita masing-masing. Baiklah, untuk itu mari sama-sama kita lihat dibawah ini!
 

1. Automatic Updates
Automatic Updates adalah fitur pada tablet android yang memungkinkan aplikasi akan terupdate secara sendirinya jika fitur ini digunakan. Hal tersebut tentunya sangat merugikan kita bukan? Secara otomatis sistem ini akan bekerja dengan sendirinya apabila kita mengatifkan fitur ini di android kita. Jadi, ada baiknya jika kita ingin menghemat baterai tentunya kita menon-aktifkannya. Apabila diperlukan maka diaktifkan. Pastinya anda juga berpikir, dengan adanya fitur ini anda tidak perlu susah-susah untuk mengupdate aplikasi-aplikasi yang ada di android. Iya benar, namun dengan meng-aktifkan fitur ini baterai kita dapat terkuras dengan cepat dan data internetanpun pastinya akan ikut terjun terkuras bersama baterai. Untuk itu menurut pendapat saya, Mematikan fitur ini adalah cara terbaik untuk menghemat baterai maupun paket data anda.
 

2. Screen Timeout & Brightness
Selain Automatic Updates, Screen Timeout & Brightness ini juga rupanya berperan dalam menguras baterai android anda. Tampilan waktu meredup layar ini ternyata sangat memengaruhi kehematan dari baterai android. Untuk memaksimalkannya, maka seharusnya kita mengatur agar layar tablet kita cepat redup jika tidak ada sentuhan dalam beberapa waktu. Hal ini dikarenakan pantulan sinar layar adalah 50% konsumsi baterai android kita. Untuk itu, perhatikanlah dengan baik saat anda sedang menggunakan android anda.
 

3. Layanan Mobile
Layanan Mobile Internet adalah salah satu yang tak bisa dipisahkan dari tablet kita. Meskipun begitu, namun ternyata layanan ini sangat menguras kinerja baterai. Dengan demikian, saat tidak menggunakannya lebih baik layanan ini dimatikan untuk sementara dan dihidupkan lagi saat menggunakannya agar dapat membantu anda dalam menghemat baterai.
 

4. WiFi
Selain ketiga hal diatas, ternyata penggunaan WiFi juga harus duperhatikan. WiFi merupakan salah satu layanan network yang lebih cepat menguras baterai ketimbang Mobile Network, penggunaan WiFi yang berlebihan akan membuat baterai cepat panas dan menurun kualitasnya. Dengan demikian, pergunakanlah WiFi dengan bijak apabila anda menginginkan baterai android anda tetap terjaga dengan baik dan hemat. 


5. GPS
GPS adalah layanan pencarian lokasi yang sangat menguras baterai. Oleh karena itu manfaatkan GPS dengan sebaik mungkin adalah cara terbaik untuk menghemat keluaran baterai Tablet android anda. Gunakanlah GPS ini jika anda memerlukannya saja karena hal ini sangat bermanfaat untuk anda.


6. Wallpaper
Ternyata tidak hanya konektivitas dengan internet saja yang menjadi kendala beterai android cepat terkuras, Wallpaper juga ternyata berperan dalam hal ini. Wallpaper merupakan tampilan dari tablet kita nampak lebih cantik dan anggun. Dengan adanya Live Wallpaper juga kita tidak merasa bosan terhadap tampilan Tablet Android kita. Namun hal negatif pemakaian Tablet ini adalah baterai akan cepat habis. Gunakan wallpaper standar atau bawaan dari tablet anda untuk membuat pemakaian baterai tidak boros.

Baiklah, setelah kita menyimak hal-hal diatas, pastinya jika anda dapat mengambil kesimpulannya maka terapkanlah. Semoga untuk anda para pengguna android, kini anda dapat lebih menggunakannya dengan bijak terutama dalam penghematan baterai. 
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori internet / Tips-Trik dengan judul Cara Mudah Dan Simpel Menghemat Baterai Pada Tablet Android . Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sisatruk.blogspot.com/2013/10/cara-mudah-dan-simpel-menghemat-baterai.html .

Artikel Terkait internet , Tips-Trik

Ditulis oleh: Pramudya Ksatria Budiman - Rating : 4.5

Belum ada komentar untuk " Cara Mudah Dan Simpel Menghemat Baterai Pada Tablet Android "

Post a Comment

Beri komentar anda.